KOMPAK VS Forum Anak Kebumen. Mana yang terbaik bagi anak :)


Bulan juni lalu, Delegasi Kebumen yakni Fina dan Juita mengikuti Temu Anak Forum Anak Jawa Tengah di Semarang yang berlangsung selama 3 hari, tepatnya tanggal 24-26 juni 2010. Dari hasil temu tersebut diharapkan setiap Kabupaten-Kota agar membentuk forum anak di masing-masing kabupaten/kota. Alhamdulillah Kabupaten Kebumen sudah membentuk sejak tahun 2006 sehungga tidak perlu membentuk lagi, tinggal gmana mengembangkannya nanti. namun ternyata tidak langsung demikian, Pihak BPPKB Kab. Kebumen menyatakan agar membentuk forum yang baru lagi "Forum Anak Kebumen" misalnya, dengan alasan forum anak yang sudah ada bukan terdiri dari anak-anak. karena merupakan kumpulan/komunitas peduli anak. Semppat ada perdebatan tentang hal ini.
Komunitas Peduli anak kebumen adalah sebuah wadah bagi anak-anak dikebumen untuk mengembangkan bakat dan kreatifitasnya dan menyalurkan aspurasi dalam pembangunan. Karena memang kita tahu anak-anak mempunyai hak partisipasi yang artinya suara anak-anak perlu untuk dipertimbangkan, yang selama ini anak hanya sebagai obyek diberbagai bidang, perlu perubahan agar anak bisa ikut berperan sebagai subyek dalam pembangunan. dengan adanya masalah tadi, antara membentuk forum baru atau mengembangkan KOMPAK, alangkah lebih baiknya agar mengembangkan organisasi anak yang sudah ada saja, dengan pertimbangan lebih efisien dan tepat guna. daripada nanti tujuan utamanya tidak tercapai.

KOMPAK sendiri membutuhkan sangat dukungan dari Pemerintah, baik berupa moril maupun materi. BPPKB sebagai payung KOMPAK dikelembagaan Kabupaten Kebumen bisa memberi banyak kontribusi bagi KOMPAK, seperti misalnya memfasilitasi acara-acara KOMPAK, membimbing, dll.

Tidak lupa juga, Dunia Usaha pun perlu untuk ikut berperan serta, karena kita tahu, untuk mewujudkan sebuah kabupaten yang layak anak perlu dukungan dan kontribusi dari semua pihak. kami harap baik BPPKB dalam hal ini pemerintah dan juga Dunia-dunia usaha di kabupaten kebumen bisa ikut memberi dukungan kepada KOMPAK. agar mimpi-mimpi anak Kebumen dapat terwujud :)

0 komentar:

Posting Komentar

Logo Kompak

Logo Kompak
LOGO KOMPAK
Subscribe to Feed

BUKU TAMU

Entri Populer

Bergabung Dengan KOMPAK

TOTAL PENGUNJUNG

Web hosting for webmasters