Organisasi Anak? Penting Gag sih?


Jangankan Organisasi anak, orang 'anak'nya saja kadang masih dipertanyakan.hehe
Tapi tak apalah.semoga lama-lama anak bisa lebih dimengerti.heheheh
Alahmdulilah, gag kek dulu lagi, seiring perkembangan jaman dan dengan perjuangan anak-anak yang penuh semangat perubahan dijamannya kak seto, sekarang anak-anak sudah mulai didengarkan. ini terbukti dari pemerintah mengalokasikan dana yang cukup besar buat kemajuan anak-anak di Indonesia, juga dibentuknya organisasi-organisasi anak di setiap provinsi dan kabupaten. nah sekarang pertanyaannya untuk apa sih kok repot-repot mbikin forum/organisasi anak? emang penting yah?
Masa anak-anak adalah masa yang rentan terhadap lingkungannya, contohnya seorang anak yang hidup dilingkungan yang buruk (pergaulannya negatif) maka anak itu akan condong untuk ikut berlaku demikian. nah sebelum itu terjadi, apa yang harus dilakukan? Itulah salah satu peran yang perlu dilakukan organisasi anak. layaknya organisasi-organisasi anak yang ada dimuka bumi ini, untuk mencapai suatu tujuan bersama yakni "sebuah Lingkungan yang kondusif bagi anak", dimana anak-anak terpenuhi haknya, dimana anak-anak merasa nyaman, dll. Forum/ Organisasi anak sebagai wadah/media bagi anak-anak untuk mengembangkan bakat dan kreatifitasnya juga juga sebagai media partisipasi dalam pembangunan. kadang banyak inisiai-inisiasi dan ide-ide kreati yang muncul dari pikiran anak-anak namun tidak tersalurkan dengan baik. dan akhirnya hilang begitu saja (tertelan bumi.hehehe). jadi dengan Forum Anak ini bisa menjadi media bagi anak-anak untuk menyalurkannya.
Penting gag sih? Apa bedanya dengan organisasi / geng-geng remaja seperti kebanyakan?
nah ini yang kadang membuat kita miris, banyak anak-anak yang tergabung dalam sekumpulan yang sebenarnya tidak ada gunanya. malah kebanyakan bersifat negatif, seperti mabok-mabokan dan urakan. Dengan tujuan yang jelas, forum anak bermimpi mewujudkan sebuah dunia dimana anak merasa nyaman dengan hidupnya dan terpenuhi hak-hak dasarnya, maka kegiatan-kegiatannya pun terarah denagn baik. Anak-anak bisa berbagi dan saling bekerja sama satu sama lain. Sehingga akan banyak manfaat yang kita dapat dibanding bergabung dengan geng-geng yang tidak jelas arah dan tujuannya.

Seperti kita tahu, masa remaja itu bagus banget yang namanya ikut-ikutan berorganisasi. kita dapat pengalaman, belajar bareng, dll
sangat banyak. *begitu yang di jelaskan Guru saya*hoho

Ok...
Biar suatu organisasi itu bisa eksis dan bisa maju, tentu harus ada satu kesatuan antar anggotanya.
seperti para ahli bilang:

“Inti organisasi belajar adalah kemampuan organisasi untuk memanfaatkan kapasitas mental dari semua anggotanya guna menciptakan sejenis proses yang akan menyempurnakan organisasi”
(Nancy Dixon, 1994)

“Organisasi di mana orang-orangnya secara terus-menerus mengembangkan kapasitasnya guna menciptakan hasil yang benar-benar mereka inginkan, di mana pola-pola berpikir baru dan berkembang dipupuk, di mana aspirasi kelompok diberi kebebasan, dan di mana orang-orang secara terus-menerus belajar mempelajari (learning to learn) sesuatu secara bersama” (Peter Senge, 1990)

”Organisasi belajar adalah organisasi yang mampu melaksanakan proses transformasi pengetahuan secara siklikal-berkelanjutan, dari pengetahuan pekerja sebagai hasil belajar mandiri menjadi pengetahuan organisasi sebagai hasil belajar organisasional, untuk menumbuh kembangkan modal organisasi”. (diana siregar, ITB)

jadi ada tujuan yang sama antar anggota yang ingin dicapai..
daam pencapaianya tentu perlu keminatan dari anggota itu sendiri..

Jadi intinya:

demi mewujudkan wilayah kebumen ramah anak,

Organisasi Anak dengan konsep seperti apakah yang bisa kita terapkan pada masa saat ini?

organisasi anak yg bisa memaksimalkan potensi secara berkelanjutan
artinya tidak smpai di tmpt organisasi saja perkembangan potensi anak, tetapi ketika anak sdh keluar dari organisasi tsb
diharapkan si anak bs menerapkan pengalamannya ke dlm dunia luas

selain itu, kemampuan mentalnya jg seharusnya dididik sedemikian shg ketika kesempatan utk mengembangkan potensinya ada, maka si anak tersebut tdk berpikir panjang
lgsg mengambil kesempatan yg ada...
lanjutkan !! kembangkan potensi anak kebumen
dan berjayalah kota kebumen tercinta.

Sekarang, siapa yang mau gabung di Forum Anak? ayo angkat tangan?
semangat :)
Silahkan gabung dengan KOMUNITAS PEDULI ANAK KEBUMEN dan dapatkan banyak hal disana :)

0 komentar:

Posting Komentar

Logo Kompak

Logo Kompak
LOGO KOMPAK
Subscribe to Feed

BUKU TAMU

Entri Populer

Bergabung Dengan KOMPAK

TOTAL PENGUNJUNG

Web hosting for webmasters