KOMPAK bersama kelompok AYEE



Pada hari Minggu, 17 April 2011, bertempat di gazebo barat alun-alun Kebumen, KOMPAK mengadakan pertemuan bersama dengan anak-anak SMP kelas 3 yang akan menghadapi ujian nasional seminggu lagi. Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB dan dibuka dengan salam dan penjelasan tentang kegiatan pada hari tersebut oleh Agung Widhianto. Sekitar 60 anak SMP terlibat dalam acara tersebut. Mereka tanpak antusias dan gembira mengikuti acara KOMPAK,acara tersebut diisi dengan diskusi tentang mata pelajaran yang di-UN-kan. KOMPAK mengadakan kegiatan tersebut dengan tujuan untuk memasyarakatkan hak-hak anak di Kebumen, khususnya hak pendidikan. para peserta cukup aktif dan mau berpartisipasi selama kegiatan. Pada awal kegiatan, peserta diminta untuk menuliskan kata-kata yang berhubungan dengan UN SMP, diantaranya sebagai berikut.
1. angel
2. mbingungi
3. deg-degan
4. hard
5. dipikul
6. menantang
7. mumet
8. jenuh
membosankan
ngantuk
ribet
menakutkan
ora mudeng
nasib
happy
nervous
sukar
mikir
lulus
semangat
sukses
pusing
doa
usaha
pensil
bisa
LJK
penghapus
capek
papan ujian
evaluasi
contekan
gak enak
merem
percaya
teliti
soal
rumus
jawaban
pengawas
galak
tenang
harus bisa
yakin

Kemudian peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan setiap kelompok diminta untuk menuliskan masalah-masalah yang menjadi hambatan dalam mengerjakan UN terutama dalam hal materi. Dari hasil tulisan per kelompok, berikut adalah ringkasan materi yang dianggap sulit oleh para peserta.

BAHASA INDONESIA
tajuk
sudut pandang
citraan puisi
gagasan utama
keberpihakan penulis
amanat
surat
majas
memo
karya ilmiah
menulis laporan
kesimpulan [aragraf
fakta + opini
penyajian berita

MATEMATIKA
persamaan garis
aritmatika sosial
sudut
bangun ruang
baris bilangan
aljabar
statistika
kesebangunan

BAHASA INGGRIS
paragraf rumpang
main idea
moral value
synonim opportunity
informasi tersirat
notice
functional text
menyusun paragraf
vocab

IPA
kalor
getaran dan gelombang
pesawat sederhana
bioteknologi
magnet
listrik dinamis dan statis
bimetal
pemuaian
pengelompokan makhluk hidup
sistem pencernaan
peredaran darah
zat adiktif
ekskresi
dihibrid
GGl Induksi

Setelah selasai menceritakan uneg-uneg menganai UN, peserta diberikan permainan training untuk sekedar melepas lelah dan jenuh. KOMPAK menyadari bahwa sebelum mengikuti ujian, anak-anak SMP kelas 3 seharusnya diberikan penyegaran untuk memberikan efek yang positif pada diri masing-masing. Sebab, apabila setiap hari disodori berbagai macam materi tentang UN, dapat dimungkinkan bahwa mereka akan tertekan dan mengalami mental yang loyo. Sehingga hasil UN kurang maksimal. Dengan adanya kegiatan semacam ini, semoga dapat memberikan manfaat positif bagi teman-teman yang akan mengahadapi UN. UN bukanlah hal yang menakutkan apalagi membahayakan. Akan tetapi UN merupakan sarana untuk meenempuh ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Semoga teman-teman mendapatkan kemudahan dalam menghadapi UN dan juga mendapatkan hasil yang memuaskan serta membanggakan. Selamat berjuang mengalahkan musuhmu. Jangan takut dan gentar. Karena musuhmu hanya mempunyai sedikit tantangan. Tantangan yang sesungguhya adalah ketika kamu berada di alam yang ganas. KOMPAK menunggu kehadiran kalian dengan senyum, tawa, dan bahagia atas hasil terbaik yang kalian dapat.

0 komentar:

Posting Komentar

Logo Kompak

Logo Kompak
LOGO KOMPAK
Subscribe to Feed

BUKU TAMU

Entri Populer

Bergabung Dengan KOMPAK

TOTAL PENGUNJUNG

Web hosting for webmasters