Konsultasi Anak Kebumen-3. Menuju Kebumen Layak Anak



Pada tanggal 29 Juni- 1 juli 2009, Kompak yakni Komunitas Peduli Anak Kebumen mengadakan Konsultasi Anak Kebumen-3 dengan tema "Menuju Kebumen Layak Anak". Kegiatan ini menjadi ruang partisipasi yang dimana anak - anak dapat mengekspreksikan inspirasinya dalam pemenuhan hak - hak anak. Kegiatan ini berlangsung di Candisari hotel. Dengan peserta sekitar 50 anak dari perwakilan tiap kecamatan dan sekolah di kabupaten Kebumen. Kegiatan berjalan lancar, dimana teman - teman bisa sharing bercerita bersama tentang kondisi wilayah kabupaten kebumen. Melalui media diskusi, tulisan , dan gambar teman - teman menceritakan bagaimana kondisi wilayah tempat tinggal yang mereka mimpikan. mulai dari sarana prasarana yang ramah anak, layanan kesehatan yang pro anak, pendidikan yang berpihak pada anak, sehingga tercipta wilayah yang kondusif bagi anak.
Dengan selingan refreshing permainan di setiap kegiatan, ini menjadikan suasana semakin ceria. Dari hasil diskusi, selanjutnya teman-teman membuat rumusan indikator sebuah kota kabupaten yang layak anak, yang kemudian dipadukan dengan indikator yang sudah dibuat oleh dewasa. Banyak usulan-usulan yang diajukan peserta untuk melengkapi indikator tersebut. dari hasil kegiatan ini nantinya bisa di sharingkan kepada pemangku kebijakan kabupaten kebumen.
Menurut pendapat Anam lutfi, salah satu peserta perwakilan dari kecamatan mirit, kegiatan seperti ini perlu dikembangkan. Anak - anak bisa dengan bebas berekspresi menyampaikan pendapatnya, yang kita tahu partisipasi merupakan salah satu hak dasar anak yang harus dipenuhi dan merupakan tanggung jawab negara. Harapannya pemerintah kabupaten Kebumen bisa memfasilitasi anak-anak mengadakan temu anak atau konsultasi anak setiap tahunnya secara rutin.

0 komentar:

Posting Komentar