KEMERIAHAN KOMPAK DALAM RANGKA HARI AIR SEDUNIA 2009



Perhatian masyarakat dunia terhadap pentingnya air dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya kegiatan hari air sedunia yang dilakukan di Kabupaten kebumen tahun 2009 lalu. Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) bekerjasama dengan Plan Indonesia PU Kebumen ikut serta memeriahkan hari jadi PWI dengan menggelar lomba poster lingkungan. Air menjadi tema dalam kegiatan tersebut.

Sebanyak 35 siswa –siswi SMP se-Kebumen ikut memeriahkan lomba yang digelar di pelataran alun-alun kebumen ini. Setelah mendapatkan kertas gambar mereka pun asyik menuangkan imajinasinya hingga sebuah karya poster dihasilkan.

Sambil menunggu penjurian, anak-anak disuguhkan hiburan yang edukatif. Salah satunya adalah penjelasan teman-teman KOMPAK (Komunitas Peduli Anak Kebumen) tentang perlunya partisipasi anak dalam pembangunan khususnya dalam sektor air bersih dan sanitasi. Ada cerita menarik yang diberikan oleh perwakilan KOMPAK saat mengikuti temu anak di Kupang “ Disini kami mandi inginnya 2 kali sehari, tapi air sulit sa, jangankan di musim kemarau, saat musim hujan saja begitu. Hujan di Kupang hanya sebentar. Bersyukurlah bagi kalian yang tinggal di pulau Jawa” ujar ipin sambil menirukan gaya jenaka anak-anak Kupang. Tak pelak anak-anak kebumen ikut bangga dan terharu melihat ipin bercerita.

Pengisi acara lainnya, Pak Joko (POKJA AMPL) dan Mb Alit (Plan) mengajak anak-anak untuk ikut serta melestarikan sumber air dan mencari solusi agar pengunaan air bersih tidak berlebihan. Usai sosialisasi Mb Wiwit (ahli komunikasi dari WASPOLA) memandu untuk bernyanyi lagu bertema lingkungan. Mudin dari Kompak mengiringi dengan petikan gitarnya. Acara yang sederhana pun menjadi meriah dan cuaca panas pun jadi tidak terasa. Hari itu anak – anak di Kebumen jadi tahu pentingnya air dan poster yang mereka buat adalah dukungan mereka agar kota Kebumen lebih peduli terhadap kelestarian air. (ALT)

0 komentar:

Posting Komentar

Logo Kompak

Logo Kompak
LOGO KOMPAK
Subscribe to Feed

BUKU TAMU

Entri Populer

Bergabung Dengan KOMPAK

TOTAL PENGUNJUNG

Web hosting for webmasters